Doc : OtoPride |
Kali ini kita
akan membahas seputar permesinan nih genks, dimana konfigurasi mesin ini
pastinya sudah tidak asing lagi untuk telinga kalian, biasanya nama konfigurasi
ini sebagai senjata marketing agar pembeli tidak memikirkan kebutuhan,
melainkan ke gengsian semata.
Konfigurasi mesin
ini adalah DOHC dan SOHC, yang mana keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan
masing masing, DOHC punya kepanjangan yaitu Double Over Head Camshaft,
sedangkan SOHC punya kepanjangan yaitu, Single Overhead Camshaft.
Kita mulai dari
DOHC dulu nih genks, mesin DOHC ini biasanya ada dimotor Satria fu, GSX Series,
CBR dan CB150, sedangkan kalo di mobil ada di City Hatchback, Ertiga, XL7,
Avanza, dan Xpander.sebenernya masih banyak lagi genks.
Tonton Juga Di Channel Kami : Mesin DOHC & SOHC
DOHC merupakan
mesin yang memiliki 2 pasang camshaf atau noken as yang digunakan untuk
menggerakan katup atau klep, makanya komponen DOHC itu banyak dan terlihat
padat.
Dalam hal
performanya, Mesin DOHC ini punya tenaga yang power full dan melimpah pada urusan top speed, masalah torsi biasanya
DOHC ini agak loyo gitu, makanya biasanya pabrikan ngakalin dengan
teknologinya.
Nah urusan
keiritan BBM, biasanya mesin dengan performa power full ini memiliki konsumsi
bahan bakar yang boros, namun berkat teknologi yang dikembangkan pabrikan, boros
nya itu termaafkan.
Soal perawatan,
mesin DOHC ini punya komponen yang banyak, tentunya perawatan pada mesin ini
terbilang mahal.
Untuk Mesin SOHC,
mesin ini menggunakan single camshaft yang berarti SOHC memiliki satu noken as
yang menggerakan dua katup atau klep, makanya kalo kita lihat lagi, SOHC
komponennya gak kayak DOHC yang banyak komponen.
Untuk performa
mesin SOHC, mesin ini biasanya punya tenaga pada torsinya genks, sedangkan
urusan top speednya, mesin ini loyo, makanya pabrikan seperti Yamaha berusaha
keras mengembangkan mesin SOHC nya dengan menyematkan teknologi VVA untuk
mendongkrak tarikan atasnya.
Nah mesin dengan
konfigurasi SOHC ini, punya perawatan yang lebih murah dari pada DOHC, namun
untuk urusan konsumsi BBM, mesin SOHC bisa di bilang irit, apalagi teknologi
sekarang sudah canggih, jadi konsumsinya jauh lebih irit ketimbang DOHC.
Kesimpulannya
adalah, mesin DOHC memiliki dua noken as untuk menggerakan katup, sedangkan
SOHC punya satu noken as untuk menggerakan katup, keduanya punya performa yang
berbeda, dohc lebih power full soal top speed, namun boros bahan bakar,
sedangkan sohc memiliki tenaga yang tidak sepowerfull dohc, namun irit bahan
bakar.
Nah seperti
itulah perbedaan mesin DOHC dan SOHC berserta kelebihan dan kekurangannya genks,
jadi ada baiknya pilihlah kendaraan sesuai selera dan kebutuhan teman teman
otomotif lovers.i.
0 komentar:
Posting Komentar