Google.com |
Aki kering sekarang sudah sering digunakan untuk motor dan mobil yang berteknologi maju, kepraktisan aki kering ini memang lah minim perawatan dan mempunyai banyak keunggulan dibandingkan aki basah. Mesikipun begitu kita juga perlu merawatnya guys.
Aki kering mulai diperkenalkan didunia otomotif di Indonesia sejak tahun 2005, dimana jenis ini banyak dipilih para produsen otomotif karena anti tumpah air baterainya. Kelebihan lainnya memiliki daya tahan yang lama dan grid yang tahan korosi, aki kering menghasilkan energi yang tinggi.
Supaya aki kering bertahan lama dan awet panas kan motor minimal 2 - 3 menit sebelum digunakan, agar aki terisi dengan stabil guys. Bila motor tidak digunakan selama 3 - 7 hari, panas kan motor selama 2 - 5 menit 2 hari sekali agar sistem pengisian dan penyuplaian listrik tetap terjadi dan stabil.
Jangan terlalu sering menggunakan elektrik starter saat memanaskan motor dipagi hari, lebih baik gunakan kick starter, agar aki tidak mengeluarkan energi listrik terlalu banyak. Hindari lubang dan jalanan rusak yang menyebabkan goncangan berlebihan kepada kendaraan, karena dapat merusak sel - sel yang berada pada komponen aki guys.
Jika daya aki sudah mulai berkurang, charger aki seperlunya, untuk aki kering ini memiliki alat khusus yang memiliki daya yang kecil dan stabil, sebesar 0,5 ampere. Agar aki kembali terisi penuh, biasanya membutuhkan waktu selama 5 jam, itu juga tergantung besaran daya aki.
loading...
0 komentar:
Posting Komentar