Jadi gua punya motor satria karbu Tahun 2015. dan mungkin kalian mau tau, Gimana sih biar satria Fu150 karbu ini tetep mantep mesin nya, oke langsung saja
1. Mesin
kalo gua sendiri perawatan mesin nya itu. setiap bulan sekali pasti ganti oli nya. kenapa sebulan sekali?. karena kalo gua ngerasa mesin udah agak getar manja ciaailaah, kalo udah geter nya gak seperti biasanya, dan kopling udah mulai slip, udah kudu wajib ganti oli. untuk oli nya pun gua make produk lokal. yaitu Enduro Racing 10w-40. dan menurut gua itu cocok untuk mesin seperti satria. selain oli yang harus di ganti sesuai jadwal, perlu di perhatikan juga saringan oli nya bray. gua sendiri ganti saringan oli nya itu 4 bulan sekali. saringan oli sangat penting untuk menyaring kotoran yang ada di oli. kalo gak di ganti resikonya oli yang akan tersaring jadi tersumbat dan bisa bisa gak naik ke atas. makanya satria karbu gua yang gua namain #enyoi, mesin nya tetep halus dan kece
2. body motor
nah kalo ini perawatan versi gua. cukup cuci motor biar selalu kinclong pastinya. dan perlu di inget nih bro. pas nyuci asal bisa hati hati. kan kalo kotor biasa ada pasir pasir tuh. asal bisa di semprot dengan tekanan air yang rendah dan sangat rendah hehe. nanti kalo make tekanan air yg tinggi bisa bisa kayak gua nih bro. pertama nyuci di steam gua lupa bilangin ke tukang nyucinya make tekanan air yg rendah ajah. alhasil ya ada baret baret cantik dah wkwk (jadi curhat). ya meskipun gak keliatan sih tapi di tegesin mah kliatan
3. Rantai
nah ini nih yang jadi masalah di satria karbu. kalo di jalanan gak rata pasti klotok klotok. untuk ngatasin masalahnya sih cukup ganti gir atau bisa make bantalan Jupiter Mx. untuk perawatan rantai sih. stiap pagi mau ngampus gua selalu cek kenceng kendor nya rante. kalo kendor ya tinggal kencengin lah wkwk tapi jangan terlalu kenceng juga. dan pastiin lumasin make oli yang khusus untuk rante ya bro. jangan make oli bekas. karna gak baik karna cepat aus nanti nya. dan jangan lupa saat sedang berkendara jangan sering sering engine brake bisa - bisa rantai cepet kendor.
4. tali koling
nah ini penting karna kalo nanti putus abis udah lu gak bisa otewe wkwk.
untuk tali kopling biasanya gua selalu cek kalo udah peret peret. atau kalo di tarik kayak gak mulus gitu deh. nah biasa nya kalo udah begitu. gua selalu bersihin tali nya dari kotoran yang resek. cara bersihinya lumasin dah make minyak singer atau bisa juga solar yang ada di pom. karena itu bisa melunturkan debu atau kotoran yang mengganggu.
itu aja yang gua bisa sharing merawat motor satria karbu versi gua. agar tetap oke. dan awet
mohon maaf bila ada kekurangan dalam penulisan.
loading...
0 komentar:
Posting Komentar